Wednesday, April 24, 2024
HomeDapat Dana Segar 30 Miliar Dollar, Iran Akan Beli Alutsista Baru

Dapat Dana Segar 30 Miliar Dollar, Iran Akan Beli Alutsista Baru

45-iran-akan-beli-alutsista-baru
Tank tempur utama Iran, Sabalan. Sumber: military-today.com

Sesuai dengan Rencana Aksi Komprehensif Gabungan (JCPOA) yang ditandatangani oleh pihak internasional perihal isu program nuklir Iran pada Juli 2015 di Vienna, Teheran tidak diperkenankan untuk membangun atau menguji sistem rudal, ataupun membeli peralatan konvesional canggih dari luar negeri. Namun, Sitnikov berpendapat bahwa “Perjanjian JCPOA tidak mengucilkan hak Iran dalam aspek pertahanan dalam negerinya.”

“Perjanjian ini memang sudah membuat kontroversi dari awalnya. Senator AS untuk Komite Angkatan Bersenjata, John McCain secara terpisah menolak menghapus embargo senjata besar-besaran yang diterapkan pada Iran. Namun, negara-negara lain akhirnya sepakat bahwa penghapusan sebagian embargo senjata ini diperbolehkan, dengan syarat Iran tidak boleh mengancam negara tetangganya, terutama Arab Saudi.”

BACA JUGA :  Pasukan Suriah dan Militan Pro Pemerintah Kembali Rebut Utara Kota Aleppo

Ahli di Barat tidak semuanya setuju mengenai pendapat yang menyatakan kemampuan militer Iran dan kapasitas tempurnya telah mundur secara signifikan akibat dari sanksi berkepanjangan. Jurnalis Rusia tersebut mengutip pernyataan dari analis pertahanan Israel, Ben Moses yang tahun lalu mengatakan kepada koran Politico bahwa kemampuan militer Iran “sangatlah lemah.”

“Iran dalam anggaran pengadaan alutsistanya tahun lalu menghabiskan 550 juta dollar,” ujar Moses. “Jika Anda membandingkannya dengan impor alutsista Arab Saudi, mereka menghabiskan 7 miliar dollar tahun lalu. Uni Emirat Arab mengimpor 4 miliar dollar. Oman 1 miliar dollar, yang mana hampir dua kali lipat dari total belanja Iran.”

BACA JUGA :  Inilah Kebijakan-Kebijakan Orde Baru dalam Pembangunan Indonesia

“Penyegaran” alutsista Iran, menurut Moses, akan membutuhkan biaya total sekitar 40 miliar dollar. “Pihak politisi Iran dan pejabat militer mereka juga menganggarkan angka serupa untuk belanja di masa mendatang,” tambah Sitnikov.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Daftar Rudal Balistik Rusia, Dari Rudal Scud Sampai Rudal Sarmat

3
Daftar Rudal Balistik Rusia, Dari Rudal Scud Sampai Rudal Sarmat - HobbyMiliter.com. Sebagai pewaris utama dari negara Uni Soviet yang sudah bubar, Rusia memperoleh...
Periskop pada MiG-29 UB.

Periskop di MiG-29UB

Recent Comments