Saturday, September 18, 2021
HomeSpesifikasi Embraer EMB-314 Super Tucano, Pesawat Serang Darat TNI-AU

Spesifikasi Embraer EMB-314 Super Tucano, Pesawat Serang Darat TNI-AU

EMB-314 Super Tucano Skadron Udara 21 TNI-AU Foto: Daniel Villa
EMB-314 Super Tucano Skadron Udara 21 TNI-AU Foto: Daniel Villa

Embraer kemudian menandatangani kontrak dengan Departemen Pertahanan Republik Indonesia pada bulan November 2010 untuk memasok delapan EMB-314 Super Tucano sebagai pesawat serang ringan untuk menggantikan armada OV-10F Bronco yang pensiun. Kontrak ditandatangani dan menjadi efektif sejak 9 Juni 2011. Empat pesawat pertama dikirim pada bulan Agustus 2012.

Angkatan Udara Indonesia kemudian memberikan order tambahan untuk delapan EMB-314 Super Tucano dan sebuah simulator pada bulan Juli 2012. Pengiriman diharapkan akan dimulai pada 2014. Total order dari ke 2 kontrak menjadi 16 pesawat.

BACA JUGA :  Lima Unit Pesawat Tempur F-16 Tiba dari Amerika Serikat

Setelah mendapatkan order ganda dari Indonesia, pada bulan Desember 2011, EMB-314 Super Tucano dipilih oleh Angkatan Udara Amerika Serikat untuk program Light Air Support Program (LAS). Di bawah kontrak senilai $355 Juta Dollar, pesanan 20 pesawat akan dibangun di dalam negeri, di fasilitas milik Sierra Nevada Corporation (SNC), yang merupakan kontraktor utama dari program ini.

Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

2 COMMENTS

  1. Super Tukano pesawat ecek2, mengapa TNI AU koq tdk memperbaiki pesawat yg ada Bronco dan sekarang AS menggunakan Bronco di Irak bgmn strategi TNI AU ini sptnya buang2 uang rakyat aja. Pesawat sdh jatuh Tukano di malang, pesawat cacat produksi koq dibeli…………….miris

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua