Tuesday, March 26, 2024
HomeSpesifikasi Embraer EMB-314 Super Tucano, Pesawat Serang Darat TNI-AU

Spesifikasi Embraer EMB-314 Super Tucano, Pesawat Serang Darat TNI-AU

Persenjataan EMB-314 Super Tucano
Persenjataan EMB-314 Super Tucano. Sumber : aereo.jor.br

Spesifikasi Senjata EMB-314 Super Tucano

EMB-314 Super Tucano dilengkapi dengan dua central mission computer. Sistem Senjata yang terintegrasi didalamnya termasuk software untuk weapon aiming, weapon management, mission planning dan mission rehearsal. Onboard recording system juga tersedia untuk post mission analysis.

Pesawat ini mempunyai lima hardpoint di sayapnya untuk membawa persenjataan dan mampu membawa persenjataan hingga seberat maksimum 1,500kg. Pesawat EMB-314 Super Tucano ini dipersenjatai dengan dua senapan mesin 12.7mm yang dipasang di sayap. Pesawat Super Tucano pesanan Angkatan Udara Brazil dilengkapi dengan rudal udara-ke-udara jarak pendek MAA-1 Piranha buatan Orbita.

BACA JUGA :  Spesifikasi LPD KRI Makassar 590, Landing Platform Dock TNI AL

Pada pesawat Super Tucano pesanan Angkatan Udara Amerika Serikat, yang dinamakan sebagai A-29 Super Tucano, dipasang turret forward-looking infrared AN/AAQ-22 SAFIRE dibawah fuselagenya. SAFIRE thermal imaging system tersebut dibuat oleh FLIR Systems dan berfungsi untuk targeting, navigasi dan target tracking. Sistem ini membuat A-29 AU AS mampu melakukan misi night surveillance dan night attack missions tanpa tambahan NVG.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

2 COMMENTS

  1. Super Tukano pesawat ecek2, mengapa TNI AU koq tdk memperbaiki pesawat yg ada Bronco dan sekarang AS menggunakan Bronco di Irak bgmn strategi TNI AU ini sptnya buang2 uang rakyat aja. Pesawat sdh jatuh Tukano di malang, pesawat cacat produksi koq dibeli…………….miris

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Konflik THAAD, Jet Tempur Tiongkok Masuki Zona Pertahanan Udara Korsel

0
Hobbymiliter.com - Ketegangan antara Korea Selatan dan Tiongkok kembali memuncak pada hari Selasa (10 Januari). Hal ini disebabkan oleh tindakan jet-jet tempur Angkatan Udara...

Recent Comments