Friday, December 3, 2021
HomePasukan T Ronggolawe, Pasukan Pejuang Pelajar

Pasukan T Ronggolawe, Pasukan Pejuang Pelajar

MARKAS BARU DI CEPU

Setelah terjadi perubahan organisasi tentara di Jawa yang merampingkan dari 10 divisi diatas kertas menjadi 7 divisi tempur dan panglima divisinya berpangkat Kolonel, maka Divisi IV di Salatiga berubah menjadi Divisi V Ronggolawe dengan markas baru di Cepu.

Pejabat panglima divisinya tetap GPH Djatikusumo dengan pangkat menjadi kolonel. Segera setelah Belanda melancarkan agresi militer pertamanya pada 21 Juli 1947, Kolonel GPH Djatikusumo memanggil para perwira cadangan yang pernah mengikuti SOT di Salatiga pada 1946, dan mengaktifkan mereka kembali menjadi anggota militer. Panggilan ini disiarkan juga melalui RRI sehingga dapat menjangkau masyarakat luas.

BACA JUGA :  Gerilya Udara ala Vietnam Utara
Regu II Pasukan T Ronggolawe
Regu II Pasukan T Ronggolawe

Dengan berkumpulnya kembali para lulusan SOT maka secara resmi dibentuk Pasukan T (Tjadangan) Divisi V Ronggolawe (selanjutnya lebih dikenal dengan nama Pasukan T Ronggolawe). Perwira yang ditunjuk sebagai komandannya adalah Letnan Satu Adiwoso Abubakar. Di Cepu mereka juga diberikan materi tambahan kemiliteran, seperti hukum perang dan internasional, bahasa Inggris, pertahanan rakyat dan intelijen tempur.

Emblem yang digunakan oleh Pasukan T Ronggolawe berbentuk perisai berwarna merah, di dalamnya bergambar kuda hitam dengan latar belakang huruf “T” berwarna kuning. Dibawah gambar kuda tadi terdapat tulisan “RONGGOLAWE” dan di atasnya bergambar bintang. Gambar kuda hitam dipilih karena melambangkan semangat yang berapi-api dan berkaitan dengan kisah kuda hitam yang menjadi kesayangan Ronggolawe, Adipati Tuban di zaman Kerajaan Majapahit. Yang memprakarsai desain emblem adalah beberapa anggota Pasukan T Ronggolawe sendiri, antara lain Hardijono, Nong Setiadi dan Boes Soewondo.

Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

2 COMMENTS

  1. Aku bangga almarhum kakek ku dulu menjadi anggota pasukan divisi 5 ronggolawe, di bawah komando bpk sudarmono, aku anak cepu bangga kota cepu dulu menjadi markas divisi 5 ronggolawe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua