Tuesday, July 23, 2024
HomePaket Jet Tempur Mikoyan MiG-29M Dipesan Mesir Secara Rahasia?

Paket Jet Tempur Mikoyan MiG-29M Dipesan Mesir Secara Rahasia?

Jet Tempur Mikoyan MiG-29M. Sumber: Dmitry /Aviation.net
Jet Tempur Mikoyan MiG-29M. Sumber: Dmitry Pichugin/Aviation.net

Selain Mesir sebagai kandidat terkuat, ada pula Tiongkok, India, dan Iran sebagai pembeli potensial bagi perangkat militer keluaran Rusia.

Namun kebanyakan pengamat ragu bahwa 46 unit pesawat supersonik tersebut dipesan oleh Iran karena kontrak tersebut pasti akan dicegat oleh negara anggota Dewan Keamanan PBB, mengingat adanya perjanjian nuklir yang baru ditandatangani akhir tahun 2015.

Analis memperkirakan India dan Mesir berada dalam posisi yang sama untuk membeli paket jet tempur MiG-29M tersebut. Namun perlu diingat bahwa Rusia dan India sedang bekerjasama untuk mengembangkan jet buatan Sukhoi/HAL FGFA, yakni T-50 generasi kelima. India yang sedang bersitegang dengan Tiongkok juga memiliki kebutuhan yang mendesak untuk menyetarakan kemampuan militer udaranya dengan negeri tirai bamboo tersebut. Namun, mengingat masa produksi T-50 tidak akan menunggu lama lagi, maka pembelian 47 unit MiG-29M terasa berlebihan.

BACA JUGA :  Jerman Perpanjang Kontrak Sewa UAV Heron I Dari IAI

Tiongkok menjadi kandidat yang paling tidak dijagokan dalam pembelian paket jet tempur tersebut mengingat Beijing sudah mengujicoba pesawat tempur J-20 di udara. Ini berarti, Tiongkok tidak perlu menunggu terlalu lama sebelum jet tempur tersebut dapat diproduksi massal.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

63-nigeria-dan-kamerun-bunuh-92-anggota-boko-haram

Kamerun dan Nigeria Bunuh 92 Anggota Teroris Boko Haram

0
Hobbymiliter.com - Pasukan Kamerun telah membunuh setidaknya 92 anggota kelompok bersenjata Boko Haram dan membebaskan 850 warga yang ditawan. Penyelamatan ini berhasil dilakukan berkat operasi...

Recent Comments