India Pesan Artileri Howitzer AS Untuk Hadapi Tiongkok di Perbatasan

0
1798
85-india-beli-senjata-artileri-howitzer-dari-as
Ilustrasi Howitzer milik US Army. Sumber: Reuters

Hobbymiliter.com – Artileri Howitzer berbobot ringan yang dipakai oleh pasukan AS di Afghanistan akan segera dipakai oleh Angkatan Bersenjata India untuk meningkatkan kemampuan militernya dalam menjaga perbatasan Tiongkok.

Ini adalah kali pertama New Delhi mengakuisisi senjata artileri dalam kurun 30 tahun belakangan. India terakhir kali membeli senjata artileri di era 80-an, dari Bofors buatan Swedia. Kontrak pembelian artileri ini sempat menjadi skandal panas di kedua negara.

Artileri Howitzer tersebut akan merubah peta kekuatan kedua negara dalam memperebutkan klaim di daerah Arunachal Pradesh dan Ladakh yang terletak di timur laut India. Sumber militer India menyebutkan pihaknya sedang merancang cetak biru penggunaan senjata tersebut, yang mayoritas akan ditempatkan di perbatasan Tiongkok. Karena bobotnya yang ringan, artileri ini dapat diangkut melalui udara sehingga menghemat waktu dan tenaga.

BACA JUGA :  China Tampilkan Rudal Jelajah Taktis Jarak Pendek M20 Di Zhuhai Airshow 2016

“Keterbatasan infrastruktur dan minimnya sambungan jalan raya di sekitar perbatasan Tiongkok membuat artileri Bofors sulit dimobilisasi. Namun, Howitzer adalah senjata ringan yang bisa dibongkar pasang,” kata seorang perwira India yang tidak ingin disebutkan namanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here