Friday, June 14, 2024
HomePesawat Jet Tempur STOVL Harrier, Pesawat Tempur Yang Tak Butuh Landas Pacu

Pesawat Jet Tempur STOVL Harrier, Pesawat Tempur Yang Tak Butuh Landas Pacu

P1127 Kestrel, pendahulu Harrier

P1127 Kestrel, pendahulu Harrier
P1127 Kestrel, pendahulu Harrier

Inggris melalui pabrik Hawker, kemudian mendesain pesawat tempur jet berkemampuan VTOL (vertical take-off landing) seperti yang dinginkan dengan nama kode P1127. Selama lebih tiga tahun antara 1962-1965, konsep VTOL P1127 terus dikembangkan Inggris, AS dan Jerman, termasuk ujicoba terbang dari kapal induk. Uji coba ini membuahkan hasil yang kemudian diberi nama Kestrel. Lima pesawat eksperimen Kestrel dikirim ke Amerika Serikat (NASA) untuk dievaluasi.

Hasil akhir dari seluruh proses tersebut melahirkan satu bentuk pesawat tempur VTOL yang diberi nama Harrier GR3 dan melakukan terbang pertama 31 Agustus 1966. Harrier GR3 merupakan pesawat tempur dan pengintai berukuran kecil. Sayapnya yang sayung ke belakang memiliki rentang 7,7 m dan berkonfigurasi high-wing menempel di punggung pesawat.

BACA JUGA :  Sejarah Perang Pattimura di Maluku Melawan Belanda

Di sayap yang terbungkus kulit komposit karbon fiber itu mampu menggantung semua persenjataan seberat lebih dari 3,5 ton termasuk rudal pencari sasaran panas AIM-9 Sidewinder. Bahan bakar yang bisa dibawa termasuk di tangki cadangan yang menempel di bawah sayap mencapai lebih 4,5 ton.

Harrier sebagai pesawat tempur didesain mampu terbang rendah dengan kecepatan tinggi. Untuk mengantisipasi kemungkinan bird strike di daerah operasi, bagian kulit depan sayap yang berisi bahan bakar dibuat dari bahan logam setebai 3,2 mm untuk menghindari berlubang bila membentur burung. Begitu juga pada bagian moncong dan kaca depan kokpit, diperkuat untuk menghindari jebol bila bertabrakan dengan burung yang dapat menghantam bagian muka pilot.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Monkey Kit, Peralatan Fast-Roping Modern.

Monkey Kit, Peralatan Fast-Roping Modern

0
HobbyMiliter.com - Fast-roping (Fast Rope Insertion Extraction System) adalah teknik untuk turun dengan menggunakan tali dari helikopter dalam situasi dimana helikopter tidak mampu atau...

Recent Comments