Friday, April 19, 2024
HomePesawat Jet Tempur STOVL Harrier, Pesawat Tempur Yang Tak Butuh Landas Pacu

Pesawat Jet Tempur STOVL Harrier, Pesawat Tempur Yang Tak Butuh Landas Pacu

AV-8 Harrier Marinir AS

AV-8B Harrier II lepas landas dari geladak USS Wasp
AV-8B Harrier II lepas landas dari geladak USS Wasp

Harrier tidak hanya dimonopoli Inggris. Negara lain pemakai Harrier adalah Marinir AS (USMC), AL Spanyol dan AL India. USMC awalnya menggunakan 12 Harrier sejak 1969. Tahun berikutnya, 1970, mereka memesan lagi 114 Harrier buatan McDonnell Douglas yang merupakan hasil “TOT” dari Hawker Inggris sesuai semangat UU America buy American. Harrier buatan AS diberi nama AV-8A dan AV-8B Harrier II dan bentuknya lebih besar dari Harrier Inggris.

Harrier II memiliki rentang sayap 9,25 m, jumlah bahan bakar lebih banyak 907 kg serta flap dan aileron lebih besar. Di body bagian bawah terdapat tambahan dua buah strake, lempengan pembatas untuk menahan exhaust mesin terkena peralatan lain yang ada di bawah sayap.

BACA JUGA :  Drone Tempur Okhotnik Russia Sukses Lakukan Uji Coba Peluncuran Munisi Berpandu Presisi

Jangkauan terbang Harrier II pun menjadi lebih jauh yaitu 7.403 km dengan disiapkannya refueling probe untuk kepentingan pengisian bahan bakar di udara. Pada saat tiga Harrier AL Spanyol dikirim dari Amerika dengan cara diterbangkan ferry, mereka terbang langsung dari markas McDonnell Douglas, St. Louis, Missouri, AS ke Rota AFB di Spanyol Selatan selama sembilan jam 10 menit dengan dibantu pesawat tanker KC-10A Extender.

Saat ini secara perlahan AV-8 Harrier Marinir AS diganti dengan F-35B, walaupun masih banyak masalah yang menghadang.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

37-rudal-balistik-korea-utara-kn08

KN08, Rudal Balistik Antar-Benua Milik Korut, Siap Diluncurkan

0
Hobbymiliter.com - Korea Utara segera mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meluncurkan rudal balistik antar benua (ICBM) yang dapat dioperasikan dengan menggunakan kendaraan darat. Rudal bernama...

Recent Comments