Saturday, June 22, 2024
HomeBlog MiliterSea Harrier Wujud Kedigdayaan Inggris Di Udara Dan Di Lautan

Sea Harrier Wujud Kedigdayaan Inggris Di Udara Dan Di Lautan

HMS Hermaes Berangkat ke Kepulauan Falklands
HMS Hermaes Berangkat ke Kepulauan Falklands.
Sumber : grandlogistics

Dalam satuan tugas Angkatan Laut Inggris terdapat dua unit kapal induk yakni HMS Invincible dan HMS Hermes. Sebagai bagian dari kekuatan tersebut dibawa juga 28 unit pesawat tempur Sea Harrier milik Angkatan Laut Inggris dan pesawat tempur Harrier GR3 milik Angkatan Udara Inggris. Menerapkan konsep interoperabilitas dan pembagian peranan dalam melaksanakan operasi militer, 28 unit Sea Harrier yang ada diberi tugas menjadi payung perlindungan bagi seluruh kapal yang ada dalam satuan tugas tersebut. Sementara itu, Harrier GR3 yang dioperasikan oleh Angkatan Udara Inggris mendapat jatah tugas sebagai pesawat penggempur yang berperan menghajar sasaran darat dan memberikan dukungan udara bagi pasukan yang akan melaksanakan serangan ke daratan kepulauan Falklands. Secara umum kiprah jet tempur ini bisa dibilang menjadi sebuah kesuksesan tersendiri karena dari total 28 pesawat tempur Sea Harrier yang dikerahkan dalam operasi militer tersebut sebanyak dua unit tercatat jatuh akibat tembakan pasukan darat Argentina. Sementara sisa 4 pesawat lainnya yang terhitung dalam total 6 unit pesawat Sea Harrier yang jatuh dalam perang Falklands disebabkan adanya kegagalan mekanis dan kecelakaan.

BACA JUGA :  INS Betwa Terbalik Di Dok Perbaikan
Sea Harrier ZA193 Dave Smith 24 May 1982
Sea Harrier ZA193 Dave Smith 24 May 1982.
Sumber : grandlogistics

Sea Harrier yang beroperasi sebagai payung perlindungan udara di perang Falklands berhasil mencatatkan kill atau jumlah pesawat yang ditembak jatuh sebanyak 20 unit dari 32 total pesawat musuh yang berhasil dijatuhkan oleh skuadron komposit Sea Harrier milik Angkatan Laut Inggris dan Harrier GR3 milik Angkatan Udara Inggris. Kiprah skuadron komposit Harrier dan Sea Harrier ini jugalah yang membawa Inggris pada kemenangan dalam perang Falklands yang berlangsung selama kurang lebih 10 minggu tersebut.

Sea Harrier kembali diturunkan dalam konflik di wilayah Balkan dimana ia diturunkan dalam peperangan yang berlangsung sejak tahun 1992 hingga tahun 1995 di Bosnia. Kali ini, Sea Harrier bertugas sebagai pesawat penggempur pasukan musuh yakni pasukan Serbia-Bosnia sekaligus memberikan dukungan udara untuk elemen pasukan internasional yang juga terlibat dalam peperangan tersebut. Dalam perang yang sering disebut peperangan Balkan ini tercatat satu unit Sea Harrier ditembak jatuh oleh sebuah rudal anti-pesawat Igla-1.

BACA JUGA :  Kapal Selam Kelas Suffren Pertama AL Prancis Resmi Beroperasi

Usai peperangan Balkan, jet tempur legendaris ini juga di-deploy ke Sierra-Leone, dengan bertugas diatas HMS Illustrious pada tahun 2000. Penugasan tersebut sebagai pengawalan terhadap konvoi kapal supplai logistik yang mengirimkan supplai logistik ke pasukan Inggris yang bertugas diwilayah tersebut.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

TNI melayani kontak tembak dengan Gerakan Aceh Merdeka, 2003

Foto Foto Darurat Militer Aceh 2003-2004, Operasi Militer Lawan GAM

1
Foto Foto Darurat Militer Aceh 2003-2004, Operasi Militer Lawan GAM - HobbyMiliter.com. Di tahun 2003, pemerintah memutuskan melakukan operasi militer terpadu melawan Gerakan Aceh...

Recent Comments