Sunday, October 2, 2022
HomeAlutsistaPesawat TempurA-37 Dragonfly, Pesawat Perang Vietnam Spesialis COIN

A-37 Dragonfly, Pesawat Perang Vietnam Spesialis COIN

Menurut data, hanya dua yang hilang dalam pertempuran ditambah 14 hancur di darat baik oleh mortir maupun roket. Ukuran pesawat yang kecil dan kecepatannya yang rendah menjadikannya sulit dibidik pesawat tempur lain namun sebaliknya menjadi pengirim amunisi paling andal.

Dibawah bendera SVNAF, A-37B dioperasikan oleh Skadron Tempur 524. Para kru asli Vietnam Selatan mendapat pelatihan di Lanud England sebelum resmi beroperasi pada Maret 1969. Namun dengan hengkangnya AS dari Vietnam sejak 1969, karir A-37 AU AS di Vietnam pun usai. Skadron terakhir USAF yang berpangkalan di Bien Hoa ditarik pulang pada 1974.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

6 COMMENTS

Comments are closed.

Most Popular

Baca Juga

73-serangan-boko-haram-tewaskan-13-orang-di-nigeria

Serangan Boko Haram Tewaskan 13 Orang Di Barat Laut Nigeria

0
Hobbymiliter.com - Ledakan bom sebanyak tiga kali mengguncang kota Chibok di barat laut Nigeria. Setidaknya 13 orang dilaporkan tewas dan lebih dari 30 lainnya luka-luka. “Sepuluh...

Recent Comments