Wednesday, February 1, 2023
HomeAlutsistaPesawat TerbangMengenal AWACS, Radar Terbang Koreografer Pertempuran Udara

Mengenal AWACS, Radar Terbang Koreografer Pertempuran Udara

Kontraktor Utama: Northrop Grumman, USA
Varian (Pengguna): E-2A/B (USA), E-2C (USA, Perancis, Israel, Jepang, Singapura, Taiwan, Meksiko, Mesir), E-2C Hawkeye 2000 (Perancis, Mesir, Taiwan), E-2D Advanced Hawkeye (USA)
Operasional perdana: 1965
Kecepatan maks: ± 600 km/jam
Jangkauan terbang: ± 2.600 km
Max. Endurance: ± 5 jam
Ketinggian terbang maksimum: 9.100 m

BOEING E-767 AWACS

Inilah generasi terkini dari sistem AWACS karya AS. Pesawat ini dlbuat khusus untuk memenuhi kebutuhan Pasukan Udara Bela Diri Jepang yang membutuhkan pesawat AEW&C dengan kecepatan dan jangkauan terbang yang melebihi Hawkeye. Meski secara sistem sama dengan yang terpasang pada armada Sentry US yang telah di-upgrade, namun Jepang memilih platform lain yang lebih baru ketimbang Boeing 707, yaitu Boeing 767-200ER.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

HDPE 1

HDPE Boat yang Diklaim Tahan Terhadap Terjangan Proyektil

0
HobbyMiliter.com – HDPE Boat yang Diklaim Tahan Terhadap Terjangan Proyektil. Berlokasi di Komplek Satuan Koarmabar I Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Pada hari...

Recent Comments