Wednesday, February 1, 2023
HomeAlutsistaPesawat TerbangMengenal AWACS, Radar Terbang Koreografer Pertempuran Udara

Mengenal AWACS, Radar Terbang Koreografer Pertempuran Udara

G555 Milik Angkatan Udara Singapura. Singapura memiliki 4 unit AWACS mini ini.
G555 Milik Angkatan Udara Singapura. Singapura memiliki 4 unit AWACS mini ini.

Phalcon generasi terkini mengandalkan radar Elta EL/W-2085 berteknologi AESA yang terpasang pada bizjet Gulfstream G550. Kesatuan sistem ini kerap dilabeli CAEW (Conformal Airborne Early Warning) lantaran radarnya terpasang menonjol dari tubuh, bukan berupa piringan diatas pesawat.

Sebelum generasi terkini, Israel dan Chili sudah mengoperasikan generasi pertama Phalcon yang mengandalkan radar Elta EL/W-2075 yang dipasangkan pada Boeing 707. Ciri fisik yang paling menonjol di generasi pertama ini adalah hidung pesawat yang tampak kurang proporsional lantaran berbentuk tonjolan besar PHALCON. Kini tinggai Chili yang masih mengoperasikan generasi pertama dengan nama Condor, sementara Israel sudah menggantinya dengan Eitam.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

69-as-hibahkan-pesawat-patroli-kepada-filipina

Lawan Tiongkok, AS Hibahkan Dua Pesawat Patroli Kepada Filipina

0
Hobbymiliter.com - Korps Penjaga Pantai (US Coast Guard) mengatakan bahwa Amerika Serikat akan menghibahkan dua unit pesawat bekas kepada Filipina. Hal ini ditujukan supaya...

Recent Comments