Thursday, February 22, 2024
HomeMiliterAnalisis MiliterFoto Foto Kekuatan Alutsista Pertahanan Udara Mesir

Foto Foto Kekuatan Alutsista Pertahanan Udara Mesir

Di Indonesia, sistem ini serupa dengan kombinasi Pindad Elang (Renault Sherpha) dengan rudal Mistral dalam sistem RCWS.

MIM-72/M48 Chaparal

Alutsista Angkatan Pertahanan Udara Mesir : Chaparal
Alutsista Pertahanan Udara Mesir : Chaparal

MIM-72/M48 Chaparal merupakan alutsista pertahanan udara gerak sendiri buatan Amerika Serikat. Pada dasarnya, sistem ini berupa M113 yang ditandemkan dengan rudal Sidewinder. Alutsista Angkatan Pertahanan Udara Mesir ini bertugas untuk menghajar target target di wilayah terminal, namun sudah diluar jangkauan MANDPADS. Sistem ini biasanya dipadukan dengan M163 Vulcan Air Defense System, yang merupakan meriam 20mm Vulcan yang menggunakan platform M113 juga.

Dalam pergelarannya di mandala, sistem ini bergerak bersama resimen/brigade lapis baja. Melindungi gerak manuver satuan yang menjadi tanggung jawabnya. Untuk transportasinya, Chinook dan Hercules dengan mudah memindahkannya ke wilayah yang membutuhkan dengan segera. Mesir mempunyai Chaparal sebanyak 86 unit dengan sekitar 1000-1500 rudal Sidewinder. Sedang untuk M163 Vulcannya, Mesir memiliki sebanyak 163 unit.

Crotale Next Generation

Alutsista Angkatan Pertahanan Udara Mesir : Crotale NG
Alutsista Pertahanan Udara Mesir : Crotale NG

Crotale merupakan rudal pertahanan udara buatan Perancis. Mesir mengoperasikan Crotale untuk memberikan perlindungan bergerak bagi kekuatan daratnya atas ancaman di jarak menengah dan ketinggian menengah. Dengan jarak tembak sekitar 15 Kilometer, Crotale mampu membabat pesawat pesawat hingga ketinggian 9 Kilometer. Saat ini Angkatan Pertahanan Udara Mesir memiliki 16 Baterai Crotale versi terbaru, Crotale NG.

BACA JUGA :  Bell V-44 Quad Tilt Rotor: Ini Dia Adiknya Osprey

Setiap baterai terdiri dari 9 unit Crotale NG. Dan setiap unit Crotale NG membawa 4 unit rudal. Dalam pergelarannya, setiap baterai selalu dilengkapi dengan armada supply yang menyediakan 2 set reload, sehingga setiap baterai jika berkekuatan penuh mampu membawa 108 rudal, dimana 36 diantaranya dalam posisi siap tembak. Mesir tercatat memiliki nyaris 2000 rudal Crotale NG bagi ke 16 baterai-nya.

Skyguard Amoun System

Alutsista Angkatan Pertahanan Udara Mesir : Aspide 2000
Alutsista Angkatan Pertahanan Udara Mesir : Aspide 2000

Skyguard Amoun System merupakan pertahanan udara titik jarak menengah buatan Italia (Sistem Aspide 2000 nya) dan Swiss (SkyGuard Radar dan meriam Oerlikon 35mm).

Sistem rudal Aspide 2000 sendiri menggunakan rudal yang dikembangkan dari rudal udara ke udara AIM-7 Sparrow. Mesir menggabungkan ketiga unsur ini menjadi satu kesatuan bernama SkyGuard Amoun. Radar SkyGuard memberikan liputan radar dan tracking sasaran, kemudian data diberikan kepada sistem Rudal Aspide 2000 yang per launchernya memiliki 4 rudal.

BACA JUGA :  Video MiG-29: Manuver Take-Off Vertikal Yang Dasyat

Rudal akan melesat membabat sasaran. Jika masih lolos, SkyGuard juga akan memberikan data feed pada sistem meriam Oerlikon GDF-005 35mm yang menjadi komponen meriam CIWS pada sistem ini. Pada meriam Oerlikon GDF-005 35mm terdapat 280 peluru siap tembak.

Meriam ini pada sejarahnya cukup ampuh membabat sasaran udara. Pada versi lawasnya, GDF-002, dengan bantuan radar dan Fire Control SkyGuard, satuan pertahanan udara Argentina berhasil menjatuhkan 1 buah Sea Harier Royal Navy dan 1 unit Harier RAF di perang Falkland. Selain itu juga berhasil membabat pesawat teman sendiri berupa 1 buah Mirage III dengan hanya 3 peluru dan sebuah A-4 karena kesalahan pilot yang terbang di area terlarang sehingga salah identifikasi.

Meriam Oerlikon GDF-005 memiliki range sekitar 6 Km dan Rudal Aspide 2000 memiliki range sekitar 25Km. Mesir mempunyai 44 Baterai sistem ini, dimana 1 baterai terdiri dari 1 buah SkyGuard Radar, 4 peluncur Aspide 2000 (1 peluncur berisi 4 rudal) dan 2 unit meriam Oerlikon GDF-005 35mm.

BACA JUGA :  Vympel R-73 Alias AA-11 Archer, Rudal Udara ke Udara Sukhoi TNI AU

SA-6 Gainful/2K12 Kub

Alutsista Angkatan Pertahanan Udara Mesir : SA-6 Gainful
Alutsista Pertahanan Udara Mesir : SA-6 Gainful

Rudal buatan era Soviet ini merupakan salah satu andalan Mesir saat perang Yom Kippur. Pada pergelarannya di awal perang, rudal ini membuat Israel terkejut karena RWR di pesawat pesawatnya tidak mendeteksi emisi radar dari SA-6 ini. Cukup banyak A-4 Skyhawk yang menjadi korban keganasan SA-6 Gainful ini. Pada awal perang, mobilitas sistem ini dengan tracked platformnya mampu memberikan payung udara dan sempat menegasikan air superiority yang seharusnya Israel dapatkan setelah menghancurkan AU Mesir.

Setelah Israel menyadari keefektifitasan sistem ini, mereka melakukan program ulang RWR dan menambahkan panjang exhaust di A-4 Skyhawk. Barulah sistem ini tidak lagi menjadi ancaman serius, walau disebutkan dalam beberapa literatur, total ada 40 pesawat Israel dari berbagai jenis yang menjadi korban sistem ini. Israel belajar banyak dari Yom Kippur, sebagai hasil belajarnya yang mahal, Israel berhasil menetralisir sistem SA-6 Gainful Suriah dalam perang elektronik di Lembah Bekaa, 1982.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

7 COMMENTS

  1. Yang menarik, SA-2 jaman Trikora dan Vietnam, masih di pertahankan dan dirawat ya; Efektif ga ya lawan F-35 Adirnya Israel? Dengan segitu banyak rudal pun, beli S300 cuma 4 sistem ya, mahal bener berarti ya?

  2. Seharusnya Indonesia bisa lbh banyak&berkualitas utk alutsista nya baik darat, udara, laut dan arhanudnya.
    Krn versi IMF (2017) PDB Indonesia jauh di atas Mesir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Israel Berhasil Menyerang Damaskus, Ibu Kota Suriah Lagi

Israel Berhasil Menyerang Damaskus, Ibu Kota Suriah Lagi

0
Israel Berhasil Menyerang Damaskus, Ibu Kota Suriah Lagi - HobbyMiliter.com. Sumber sumber dari Suriah menyebutkan bahwa Angkatan Udara Israel kembali melakukan serangan terhadap paling...

Recent Comments