Operation Lunik, Ketika AS Menculik Wahana Luar Angkasa Milik Uni Soviet

0
294
Block-E_rocket_stage LUNIK 2
Operation Lunik, Ketika AS Menculik Wahana Luar Angkasa Milik Uni Soviet. Gambar 3D Bagian Terakhir / Last Stage Dari Roket Pembawa Wahana Antariksa Lunik 2.
Sumber : wikipedia

CIA berhasil meloloskan 1 grup agen – agen intelijen kedalam area pameran, tepat sesudah pameran dinyatakan berakhir dan gedung tempat pameran ditutup. Para agen ini kemudian melakukan tugasnya masing-masing. Ada yang melakukan pengukuran dimensi wahana tersebut, menentukan karakteristik struktur penopang wahana, memperkirakan alur pengkabelan / wiring, dan juga melakukan estimasi ukuran dan kemampuan mesin pendorong pada bagian akhir dari wahana tersebut.

Dari hasil pengecekan oleh para agen lapangan (Field Officer) CIA, diketahui beberapa hal penting diantaranya :

  1. Modul wahana Antariksa Lunik 2 yang dikirim oleh Soviet pada ajang tur eksibisi tersebut adalah barang jadi asli hasil produksi. Ini mematahkan anggapan awal bahwa Soviet hanya akan mengirimkan sebuah replika / mock-up dari wahana antariksa tersebut.
  2. Bahwa pada saat dipamerkan, kondisi wahana tersebut sudah dikurangi komponen elektrikal, mesin dan pengkabelannya. Ini mungkin dimaksudkan agar intelijen Blok Barat tidak dapat mengetahui dengan pasti jenis mesin, teknologi elektrikal yang digunakan pada wahana Lunik 2 ini.
  3. Meski sudah melakukan berbagai pengukuran dan pengumpulan data, rupanya data detail terkait penandaan kode produksi dan fasilitas mana saja yang memproduksi komponen bagi wahana ini tidak dapat dilakukan dengan baik karena beberapa kode penandaan dari pabrik masih belum di cek dan posisi nya berada pada tempat yang sulit dijangkau, sementara waktu yang diberikan untuk para agen ini terbatas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here