Operation Lunik, Ketika AS Menculik Wahana Luar Angkasa Milik Uni Soviet

0
295
Soviet Lunik 2 Cutaway Drawing
Operation Lunik, Ketika AS Menculik Wahana Luar Angkasa Milik Uni Soviet. Gambar Struktur Roket Pembawa Wahana Antariksa Lunik 2.
Sumber : FlightGlobal

CIA kemudian berusaha menyusun rencana lanjutan untuk memperoleh akses lagi kedalam wahana Lunik 2 ini. Beberapa opsi mulai dipertimbangkan untuk “meminjam” wahana antariksa Lunik 2 dari tangan Soviet tanpa diketahui oleh para tentara dan agen intelijen Soviet yang bertugas menjaga pergerakan/pergeseran material pameran tersebut dari satu tempat ke tempat lainnya. Rupanya, CIA sempat mengalami kebuntuan karena Soviet menjaga secara khusus wahana Lunik 2 dengan penjagaan ketat dari para tentara dan agen KGB selama 24 jam non-stop.

Akhirnya, diputuskan bahwa CIA akan berusaha “meminjam” wahana antariksa Lunik 2 dari tangan Uni Soviet sebelum diangkut menuju ke kota tujuan lain untuk dipamerkan kembali. Rinciannya, truk pengangkut wahana tersebut akan dibelokkan ke suatu bengkel pembongkaran mesin yang telah disewa sebelumnya untuk membantu tim CIA melakukan proses identifikasi kode penandaan pabrikan komponen penyusun wahana itu. Pengemudi yang asli dari truk tersebut akan dibawa ke sebuah hotel untuk bermalam, sementara tim CIA akan menugaskan satu pengemudi khusus yang akan membawa truk tersebut ke bengkel pembongkaran mesin yang sudah ditentukan.

BACA JUGA :  Amerika Serikat Terapkan Sanksi Baru Atas Program Rudal Balistik Iran

Selama proses perjalanan dari lokasi pameran hingga menjelang lokasi bengkel pembongkaran mesin, dua mobil berisikan agen lapangan CIA mengawal truk yang mengangkut modul wahana antariksa Lunik 2 tersebut. Satu mobil berada di depan truk dan satu lagi mengikuti truk tersebut dari belakang. Konvoi ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa pihak Soviet tidak mengawal perjalanan truk pembawa wahana antariksa tersebut. Setelah yakin tidak ada kehadiran pihak Soviet, maka truk tersebut diberhentikan dan ditukar pengemudinya, untuk kemudian dibawa menuju bengkel pembongkaran mesin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here