Operation Lunik, Ketika AS Menculik Wahana Luar Angkasa Milik Uni Soviet

0
295
R-7 Vostok
Operation Lunik, Ketika AS Menculik Wahana Luar Angkasa Milik Uni Soviet. Roket R-7 Yang Awalnya Digunakan Sebagai Rudal Nuklir Antar-Benua, Dijadikan Roket Pembawa Wahana Antariksa Lunik 2. Tampak Dalam Foto Sebuah R-7 Dengan Kargo Wahana Vostok.
Sumber : Astronautix

Unit identifikasi marka pun kembali melanjutkan pekerjaan. Atap krat dibongkar, tangga mulai diturunkan kedalam dan orang-orang dari unit identifikasi marka pun mulai memasuki krat tersebut. Peralatan fotografi khusus juga disiapkan untuk memfoto semua marka penanda kode produksi yang ada tercetak pada wahana tersebut. Untuk bisa mendekati perangkat wahana Lunik 2 yang diletakkan pada bagian ujung depan dari roket tingkat akhir Lunik 2, tim khusus ini harus melepas jendela yang digunakan untuk inspeksi (Inspection Window) dan harus melepas sepatu mereka sebelum masuk kedalam untuk mengamati lebih dekat wahana Lunik 2 tersebut.

BACA JUGA :  HMS Argyll Sukses Laksanakan Uji Tembak Rudal Sea Ceptor

Selain melakukan pengecekan terhadap wahana Lunik 2, bagian selubung penutup mesin roket pendorong tingkat akhir dari Lunik 2 juga dilepas untuk memudahkan identifikasi pada kompartemen mesin roket pendorong tingkat akhir dan rangkaian tanki bahan bakar. Proses ini juga penting karena AS ingin tahu bagaimana sistem pendorong roket tingkat akhir wahana Lunik ini bekerja dan mampu mengirimkan muatannya, yakni wahana Lunik 2, ke permukaan Bulan.

Secara keseluruhan, pada rentang waktu 1 malam tersebut, wahana roket pendorong tingkat akhir yang berisikan wahana Lunik 2, dibongkar total oleh agen-agen dari unit khusus identifikasi marka penandaan kode produksi dari CIA. Setelah semua proses identifikasi dan eksploitasi informasi penting dari Lunik 2 selesai, maka saatnya mengembalikan semuanya dalam kondisi utuh dan tanpa meninggalkan jejak sedikitpun. Dan karena unit khusus ini telah sangat sering dan terlatih dalam proses bongkar-pasang ini, maka proses pemasangan kembali seluruh komponen dan selubung penutup serta kaca jendela inspeksi dapat dilaksanakan dengan baik dan tidak meninggalkan jejak sedikitpun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here