Monday, February 26, 2024
HomeMiliterAlutsistaMengenal USS Renville, Kapal Perang Tempat Ditandatanganinya Perjanjian Renville

Mengenal USS Renville, Kapal Perang Tempat Ditandatanganinya Perjanjian Renville

Mengenal USS Renville, Kapal Perang Tempat Ditandatanganinya Perjanjian Renville
Mengenal USS Renville, Kapal Perang Tempat Ditandatanganinya Perjanjian Renville. Renville Saat Melintasi Panama Canal Dalam Perjalanannya Menuju Ke Perairan Karibia Sebagai Respon Atas Krisis Misil Kuba.
Sumber : Walt Williamson

Krisis Misil Kuba

Meski tidak banyak tercatat, USS Renville rupanya juga pernah dilibatkan sebagai bagian dari respon militer Amerika Serikat pada masa Krisis Misil Kuba. Pada tanggal 27 Oktober 1962, USS Renville dengan dikomandani oleh Kapten Grady Howard Lowe, berangkat menuju perairan Karibia sebagai bagian dari upaya “karantina” militer yang dilakukan oleh Amerika Serikat terhadap Kuba kala itu (yang sebenarnya pada prakteknya merupakan blokade laut, tapi Amerika lebih menggunakan kata “karantina” guna menghindari konfrontasi militer secara langsung dengan Uni Soviet pada masa itu).

BACA JUGA :  Profil Satuan Brimob, Unit Paramiliter POLRI

Menjadi Bintang Film

USS Renville pada tahun 1964 tepatnya pada bulan Juni berpartisipasi dalam pembuatan sebuah film yang berjudul In Harm’s Way. Film yang disutradarai oleh Otto Preminger ini mengambil lokasi syuting di geladak kapal USS Renville APA-227 yang saat itu berada di Oahu, Hawaii.

Mengenal USS Renville, Kapal Perang Tempat Ditandatanganinya Perjanjian Renville
Mengenal USS Renville, Kapal Perang Tempat Ditandatanganinya Perjanjian Renville. Renville Saat Berlabuh Di Perairan Vietnam Selatan Tahun 1966.
Sumber : Richard Dawson

Ikut Perang Vietnam

USS Renville kembali beraksi dalam palagan perang pada tahun 1964 dimana ia ditugaskan berlayar menuju perairan Vietnam sebagai bagian dari reaksi militer Amerika Serikat atas insiden Teluk Tonkin pada awal bulan Agustus 1964. USS Renville, kali ini mengangkut sebanyak 1.350 orang personel Marinir Amerika Serikat yang siap tempur, bersiaga di perairan Vietnam mulai dari wilayah Da Nang hingga Saigon. Ia bersiaga di wilayah perairan tersebut selama kurang lebih 67 hari.

BACA JUGA :  2018, Inggris Pensiunkan Rudal Harpoon

USS Renville terlibat dalam Perang Vietnam hingga bulan September 1966. Peranan kapal perang ini pada bulan-bulan terakhirnya di Vietnam lebih kepada kapal markas yang mendukung kegiatan operasi pasukan militer Amerika di perang tersebut.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

X-47B, Pesawat Tempur Tanpa Awak Masa Depan

Menuju Penerbangan Pesawat Tempur Tanpa Awak Pilot

0
Menuju Penerbangan Pesawat Tempur Tanpa Awak Pilot - HobbyMiliter.com - Pada diri seorang pilot tergambar lah berbagai hal yang diidam-idamkan banyak orang: sosok yang...

Recent Comments