Friday, July 26, 2024
HomeAlutsistaHelikopterSejarah Perkembangan Teknologi Helikopter Tempur Rusia

Sejarah Perkembangan Teknologi Helikopter Tempur Rusia

Sekarang kita beralih ke soal senjata. Kapasitas angkut dan tipe senjata Hind-D sama deng-an Hind-A. Perbedaan keduanya hanya ada pada kubah senapan mesin kaliber 12,7 mm yang kini punya empat laras.

Perombakan tadi tampaknya cukup canggih. Tapi ketika Rusia menginvasi Afghanistan, ada pelajaran berharga yang didapat. Senapan mesin multi laras kaliber 12,7 mm temyata mandul untuk melibas benteng-benteng alam Mujahidin. Akibatnya senjata ini pun diganti. Penggantinya adalah kanon ganda GSH-30-2 kaliber 30 mm. Keduanya menempel di kanan bodi heli. Helikopter tempur Russia hasil modifikasi ini kini bemama Mi-24P Hind-F.

BACA JUGA :  Kepala Intelijen MI5 Inggris: Rusia Kian Mengancam Keamanan Inggris

Mil Mi-35, Hind Versi Ekspor

Helikopter Tempur Penerbad TNI AD Mi-35P on action
Helikopter Tempur Penerbad TNI AD Mi-35P on action

Ketika perang dingin memuncak, Soviet pernah bersumpah tak akan mengekspor seluruh varian heli Hind. Heli ini merupakan silver bullet Soviet, sama seperti Amerika yang tidak mengekspor silver bullet  mereka A-10 Warthog. Tapi begitu Tembok Berlin runtuh, prinsip ini dilanggar juga. Supaya tak terlalu malu, maka Rusia melansir ulang Mi-24V Hind-E untuk varian ekspor, yaitu Mi-35V Hind-E. Varian ini laku juga dibeli Afghanistan, Angola, dan India.

Selain Mi-35V, Rusia masih menjual varian lain, yaitu Mi-35P Hind F. Basis yang diambil adalah heli Mi-24 Hind-F. Jika dibedah, varian Mi-35P lebih unggul dibanding Mi-35V. Keunggulan ada pada sistem peluncur rudal. Rudal antitank serta piranti avionik pendukungnya jadi perangkat standar. Tercatat Angola dan Irak mengoperasikan Mi-35P.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

FuturistikWeapon-03-PHASR

Senjata-senjata asli seperti properti film science-fiction

0
HobbyMiliter.com - Dengan fitur-fitur canggih pada fleksibilitas, jangkauan, dan bobot yang ringan, banyak senjata api modern terlihat tidak seperti senjata dari dekade terakhir. Bahkan, beberapa terlihat...

Recent Comments