Sunday, February 25, 2024
HomeAlutsistaKapal PerangKRI Multatuli 561, Kapal Legendaris TNI AL

KRI Multatuli 561, Kapal Legendaris TNI AL

Pada peristiwa pembajakan dan penculikan Anak Buah Kapal atau ABK kapal tunda atau tugboat TB Charles-001 yang terjadi di tahun 2016 lalu, KRI Multatuli 561 dan KRI Kerapu 812 berhasil menemukan kapal tunda tersebut bersama dengan 6 orang ABK nya. HobbyMiliter sendiri sempat memberitakan kedatangan kapal perang jenis Fleet command ship ini ke Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur dalam rangka menyemarakkan acara Festival Parade Pesona Kebangsaan yang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Ende. Kedatangan kapal tersebut juga merupakan bagian dari kiprahnya dalam Operasi Trisila-2017, sebuah operasi militer untuk mengamankan wilayah perairan Indonesia yang berbatasan dengan Filipina, Australia, dan Timor Leste.

BACA JUGA :  Persiapan Pra-Operasi Suriah, Turki dan Arab Saudi Gelar Latihan Udara Bersama

Kiprah terbaru dari kapal perang ini ialah memerankan sebagai sebuah kapal tanker yang tengah dibajak kelompok teroris dalam skenario Latihan Kesiapsiagaan Operasional (LKO) Jala Krida-2018 yang dilaksanakan di perairan Manado, pada hari Kamis, 19 juli 2018. Dalam latihan ini disimulasikan pasukan Visit, Board, Secure and Seizure atau VBSS Komando Pasukan Katak atau Kopaska dari Koarmada II harus berhasil merebut kapal ini dari tangan para teroris pembajak kapal.

Seri Kapal Legendaris TNI AL : KRI Multatuli 561
Seri Kapal Legendaris TNI AL : KRI Multatuli 561. KRI Multatuli 561 Saat Berperan Sebagai Kapal tanker Dalam Latihan Kesiapsiagaan Operasi Jala Krida 2018.
Sumber : koarmatim.tnial.mil.id
Seri Kapal Legendaris TNI AL : KRI Multatuli 561
Seri Kapal Legendaris TNI AL : KRI Multatuli 561. Laksamana Bernard Kent Sondakh, Dulu Pernah Menjabat Kepala Divisi Navigasi Operasi KRI Multatuli 561.
Sumber : iims

Menghasilkan Perwira Legendaris

Selain mencatatkan namanya dalam lika-liku sejarah bangsa dan negara Indonesia, kapal perang legendaris ini juga rupanya telah menghasilkan perwira – perwira yang legendaris pula dalam jajaran kepemimpinan TNI Angkatan Laut. Sebut saja nama Laksamana Bernard Kent Sondakh, mantan Kepala Staf TNI Angkatan Laut periode 2002 hingga 2005. Beliau pernah bertugas di KRI Multatuli 561 pada tahun 1977 sebagai Kepala Divisi Navigasi Operasi atau Kadiv Navops.

BACA JUGA :  Inggris Resmi Mulai Proyek Pembuatan Senjata Laser
Seri Kapal Legendaris TNI AL : KRI Multatuli 561
Seri Kapal Legendaris TNI AL : KRI Multatuli 561. Laksamana Tedjo Edhy Purdijanto, Dulu Pernah Menjabat Komandan KRI Multatuli 561.
Sumber : yayasan Hang Tuah

Kemudian ada juga nama Laksamana Tedjo Edhy Purdijatno yang selain merupakan mantan Kepala Staf TNI Angkatan Laut periode 2008 hingga 2009, juga merupakan Menkopolhukam periode 2014 hingga 2015. Dalam perjalanan karirnya, beliau pernah menjabat sebagai Komandan KRI Multatuli 561.

Seri Kapal Legendaris TNI AL : KRI Multatuli 561
Seri Kapal Legendaris TNI AL : KRI Multatuli 561. KRI Multatuli 561 Saat Sandar Di Lanal Maumere, Ende, Nusa Tenggara Timur.
Sumber : tribun news

Mengagetkan Anggota Komunitas Forum Militer

Kapal perang jenis Submarine tender – Fleet command ship ini merupakan salah satu dari sekian banyak kapal – kapal legendaris dalam tubuh TNI Angkatan Laut. Pasalnya, selain karena usianya yang sudah cukup tua, kiprahnya dalam lika – liku sejarah bangsa dan negara Indonesia, serta mampu menghasilkan perwira – perwira tangguh dan legendaris dalam rantai komando kepemimpinan TNI Angkatan Laut, KRI Multatuli juga tergolong sebagai kapal yang jarang diekspose oleh media.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Intrinsic Defender 2022, Latihan Bersama AL AS – Israel

Intrinsic Defender 2022, Latihan Bersama AL AS – Israel

0
Hobbymiliter.com – Pada tanggal 27 Maret 2022, tepatnya pada hari Minggu, unsur – unsur kekuatan dari Armada Ke-5 Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy)...

Recent Comments