Kisah Operasi Trikora: Pesawat Pak Harto Nyaris Ditembak Belanda!

0
7868

Semua kru Convair memang butuh istirahat setelah semalaman terbang dan nyaris disergap pesawat tempur Belanda. Setelah istirahat, semua kru dan para penumpang segera terbang menuju Amahai dan tiba di lokasi pada pukul 07.30 WIT.

Kisah Operasi Trikora: Pesawat Pak Harto Nyaris Ditembak Belanda!
Kisah Operasi Trikora: Pesawat Pak Harto Nyaris Ditembak Belanda!

Ketika bertemu sejumlah kru pesawat lain yang sedang berada di Amahai, Kapten Pratowo dibuat terkejut karena salah satu pesawat AURI tadi malam ditembak jatuh Neptune Belanda ketika sedang mengantar pasukan infiltran dan masuk laut. Mujur semua kru selamat dan menjadi tawanan perang. Dan setelah Operasi Trikora selesai, kru Dakota AURI yang ditembak jatuh Belanda itu, kemudian dikembalikan ke Indonesia.

BACA JUGA :  Kisah Praka Soeprapto : Lengan Kirinya Tertembak GAM

Kapten Pratowo akhirnya sadar jika semalam Komodor Leo tidak segera mengambil alih kendali pesawat dan secepatnya terbang menuju Lanud Pattimura, bisa saja Convair yang sedang membawa para petinggi Komando Operasi Trikora jadi korbannya.

Sekitar pukul 10.00 WIT, Convair mendarat lagi di Lanud Pattimura untuk istirahat dan standby for duty call. Semua awak Convair akhirnya bergembira sewaktu esok harinya mereka diizinkan pulang ke Jakarta dan tiba di Lanud Halim Perdanakusuma dengan selamat. Semua kru segera melapor ke Perwira Operasi Halim, Letkol (Pnb) Rusmin Nuryadin yang kelak akan menjabat Menteri Perhubungan RI.

BACA JUGA :  Kisah Kapal Induk Rusia Admiral Kuznetsov

Rusmin Nuryadin ternyata memberikan ucapan selamat sambil memberi tahu bahwa Convair ternyata telah lolos dari sergapan pesawat Neptune ketika terbang di atas Pulau Ceram.

Kapten Pratowo mengangguk dan sekaligus mengiyakan peristiwa yang nyaris merenggut nyawa para petinggi Komando Mandala Operasi Trikora, khususnya Mayjen Soeharto. Jika Convair tertembak jatuh dan masuk laut, sejarah Operasi Pembebasan Irian Barat dan perjalanan bangsa Indonesia pasti tidak berlangsung seperti sekarang ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here